karena berdiam, terkadang perlu

Pulang dan pergi
Anggap saja saya sudah berpergian kemana-mana, melihat indahnya negeri ini dari banyak orang yang tahu sampai yang hanya saya saja ketahui.

Anggap saya sudah letih berjalan, hingga kata “pergi” tak terhitung lagi bisa saya gunakan dalam setiap harinya. 
Saya lelah, butuh berhenti sejenak.

Entah apa yang saya cari kemarin, jauh pergi berkelana kepenjuru tempat-tanpa ada tujuan pasti. Saya tidak pernah memaksakan langkah, walau terkadang tujuan harus dicapai. Saya tak pernah mengeluh akan letih, namun raga tetap merasa tak berdaya sewaktu-waktu.
Yap, entah apa yang saya cari.

Dan saya berhenti mencari, saya belajar memperlambat langkah kaki, bahkan sempat terhenti. Saya mendamaikan diri, meluruskan kaki,duduk lebih lama, berbaring mencari nyaman. Saya beristirahat. 

Dalam jedah waktu itu, saya tak bertanya banyak tentang hidup, saya hanya menunggu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tak pernah terlontar. Saya banyak diam, karena bertanya membutuhkan ucapan – maka saya tak berucap. Saya lebih menggunakan telinga untuk mendengar jawab-jawaban yang diberiKan.

Ketika tak lagi kemana-mana, pulang memberikan saya banyak kedamaian. Terkurung dalam ruang yang memberi nyaman memiliki arti khusus bagi saya. Saya berdamai dengan keadaan – sunyi, sepi, tak kemana-mana, hanya berdiam memberikan saya bahagia. Saya pulang, bahagia saya untuk batas tak berjarak waktu dan segala.

Begitulah, saat kita tak benar-benar mencari, kita tak mendapatkannya, dengan berdiam terkadang yang dicari mencari kita – dan menemukannya. 

Karena percayalah… Setiap yang pergi pasti akan kembali pulang. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s