Hampir 3 bulan ini saya menjauh dari yang namanya si Sosmed, bagi saya – hidup ‘nyata’ tanpa ‘maya’ lebih abdol dibanding harus terpaku barang kotak dalam genggaman. Saya beralih, lebih tepatnya saya memutuskan untuk sendiri – menyendiri pada sepi, dan kenyataannya memang seperti itu ‘nyata’nya hidup.
Hidup sendiri memang tak segampang yang dipikirkan. Saya berusaha untuk membatasi semua sisi kehidupan dalam diri, alih-alih saya sendiri yang lelah. Saya menjauh dari lingkungan keluarga, saya menberi jarak terhadap pertemanan, saya memilih untuk tak memikirkan apa pun yang bisa menambah berat beban hidup saya. Saya coba jalani apa yang bisa dan mampu untuk sendiri saya lakukan. Hari-hari kerja saya mencoba menerima keadaan, bahwasannya jarak yang jauh antara rumah dan kantor mengaharuskan saya berdesakan di kereta – dengan saling terdesak, saya hanya mencoba untuk membuat nyaman diri saya dengan mendengar musik. Sepersetengah tenaga saya pun terkuras. Ketika sesampainya di rumah – saya luangkan waktu saya dengan membersihkan dan merawat #kebunnanraya saya di taman belakang.  Capek? Pasti.

Saat tiba weekend datang. Saya mulai merasa bahagia, kenapa? Saya bisa duduk di tanam belakang, sambil mendengar lagu – tanpa takut tenaga saya terkuras seperti di dalam kereta. Saat libur adalah waktu yang selalu saya nanti, karena di waktu senggang itu saya akan membuat minuman seperti  teh manis plus daun mint yang di petik langsung dari tanaman belakang atau kopi racikan yang khas. Tak hanya itu, saya juga akan pergi ke pasar dekat rumah, untuk membeli segala bahan masakan untuk kemudian saya olah sebagai menu  makan siang atau sore hari. Saya banyak bersyukur – Bila malas ngapa-ngapain, saya hanya mengelar kain piknik di atas rumput mutiara, sambil membaca buku. Waktu terasa cepat berlalu .

Saya berpikir, bahwasannya sendiri atau tidak  – nyatanya memang lebih asik, bila di resapi. Dibanding kita hanya bermain di sosial media yang riuh-pikuk dengan beragam keterasingan diri di dunia maya.

Asal mau menerima hidup kita, semua akan berjalan baik-baik saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s