Hello air terjun,

  
Sore tadi saya pergi ke pantai, rute yang saya gunakan berbeda, tidak seperti biasanya. Saya melewati jalan kecil – lebih tepatnya gank sempit yang mungkin tak banyak orang luar kampung ini ketahui. Sapa penasaran – adakah jalan menuju pantai lewat sini.
Ternyata – jalan itu memang bukan menuju pantai, itu gank kecil yang buntuh, tak ada jalan lain selain menuju rumah penduduk kampung.
Sehari ini saya berpikir keras, tentang banyak hal yang telah saya lakukan di sepanjang umur ini, tentang pagi tadi rekan kerja saya mengajak keliling lokasi tambang – tentang sebuah spot air terjun yang kini tinggal kenangan, tentang banyak bangkai ‘uang’ yang terhabur dan terbuang percuma, saya hanya mengelus dada – bahwa hidup ini terkadang memang tak adil, disaat banyak perusahan tambang yang berpotensi merusak alam, di sisi lain segelintir orang ‘memcoba’ mempertahankan ke-asri-an alam yang lambat tahun ikut terusak.
Memang tak ada yang abadi di dunia ini, sekalipun kita mempertahankannya – seperti butir pasir yang kita genggam dalam kepalan tangan, semakin kuat kita mencoba meraihnya semakin banyak pasir yang keluar dari genggaman. Biarkanlah, apa pun itu kita memang tak perlu erat meraihnya. Rasakan saja – karena dengan cukup kita merasakan akan banyak manfaat yang bisa kita terima.
Seperti air terjun yang dulu indah, kini hanya kenangan – saya tak bisa mengembalikannya – walau tak banyak orang tahu – saya bangga pernah mengetahuinya, bahwasannya di sudut gunung itu, yang kini di tambang, ada air terjun dengan batu indah, yang kini kondisinya sudah rasa dengan ‘dumping-an’ bebatuan perut bumi.
Malam ini saya menyudahi pikiran saya – suatu saat nanti saya tak ingin menjadi orang yang terakhir tahu tentang keindahan negeri saya. Saya ingin melewati apa saja yang menjadi jalan menuju tujuan. Saya ingin melihat sekita, walau tersesat sekali pun. Pastinya kan ada jalan lain untuk bisa saya lalu. Dengan begitu akan banyak dan kaya pengalaman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s