Hello Portfolio, 

A portfolio is a compilation of materials that exemplifies your beliefs, skills, qualifications, education, training, and experiences. It provides insight into your personality and work ethic. All in all, it is a representation of your professionalism.
Di setiap memulai presentasi training dalam ruang kelas, tepatnya didepan bapak-bapak, peserta training. Saya selalu memperkenalkan diri seperti ini ; “Hai, ini adalah portfolio saya. Nama lengkap saya ….. bla bla bla..” semacam itulah cara saya membuka sesi training 2-3 jam ke depan.
Dalam slide presentasi tersebut terterah masa pekerjaan di perusahan tempat saya bekerja sekarang, sebelumnya- dan sebelumnya lagi, semacam pengalaman kerja di tempat lain begitulah. Tempat saya bekerja sekarang adalah tempat terlama sepanjang sejarah hidup saya. Dan awalnya saya tidak kebayang akan selama ini, menentap di suatu perusahaan.
Apa saya mencintai pekerjaan saya? Absolutely YES. * 😛 bukan karena gaji besar-kantor enak atau karena kerjaannya gampang. Tapi karena salah satu passion saya ada di perusahan ini. Saya suka travelling dan tugas kerja saya pergi kemana-mana. Saya suka fotografi dan sebagian report saya harus menggunakan foto sebagai materi laporan. 🙊
🙇 serius saya mencintai pekerjaan saya?, 😏 – jawabannya sederhana seh, karena saya ingin sukses, dan karena sukses membutuh tahapan, dan tahapan yang kita jalani harus sepenuh hati kita kerjakan – karena hati adalah bukti kecintaan kita untuk melakukan sesuatu hal dari apa yang kita kerjakan. Bingung yah 😅 – intinya saya ingin menghasilkan sesuatu yang membuat saya bahagia.
Mungkin kita bisa jadikan tiga hal dasar yang bisa membuat kita cinta terhadap suatu pekerjaan yang kita lakukan, seperti ini katanya ;
1. Berniatlah apa yang anda kerjakan, hanya berharap Ridho Nya

Semua proses atau apa pun yang kita lakukan klau sudah berharap dari ridho Nya pasti akan terasa ringan untuk dilakukan. Bayangkan ketika ridho Nya menjadi pahala, apa pun hasil akhirnya akan membuat kita senang buka. Hari gini, Siapa yang tidak ingin mendapat pahala? Contohnya saat bekerja dan kita lelah, maka lelah kita menjadi pahala. Ketika deadline report membuat pusing, maka pusing kita menjadi pahala.Trus klau kita salah dalam melakukan pekerjaan dan kemudian dimarahin si boss – 😛 nah yang ini DL *derita lo :hehehe – intinya setiap ridho-Nya, selalu mendapat imbalan dan keberkahan.

2. Banggalah dan akui pekerjaan Anda

Saya seorang engineer. Pekerjaan saya membutuhkan tenaga dan daya menganalisa suatu masalah agar menghasilkan solusi guna menyelesaikan masalah yang sedang terjadi di coustomer. Terdengar sederhana. Tapi semua orang mungkin bisa melakukannya – jadi berbanggalah untuk anda bisa melakukan pekerjaan yang tengah Anda kerjakan. Dan tidak seharusnya kita membandingkan pekerjan kita dengan orang lain kerjakan, karena nanti jatuhnya iri dan dengki.

3. Evaluasi diri

Pada dasarnya setiap orang dibekali kelebihan dan kekurangan, dan kekurangan masih bisa di upgrade menjadi kelebihan. Asal mau belajar, belajar, dan belajar pasti ada jalan untuk mengembangkan diri kita. *kalau belajar terus kerjanya kapan 😤.
Tapi sepertinya tulisan ini teramat naif, pekerja yah bekerja. Memang ada ? sesuatu yang dilakukan dengan tenaga dan pikiran ditambah tekanan dari si boss yang bertubi-tubi, trus masih bisa kita enjoy di terpah masalah ? – hehehe ,… point #1 – ingat aja Ridho-Nya yah – jangan ingat si Ridho Roma. 💨🎤🎼
Tapi bila hati anda mulai berontak dan sulit menerima kenyataan gaji yang didapat tak sebanding dengan derita pekerjaan, lebih baik jangan lakukan pekerjaan tersebut, tapi carilah pekerja lain yang memang benar-benar sesuai passion dan hati nurani Anda. Ingat pekerjaan yang dilakukan dengan hati memberi hasil baik, dan membahagiakan.

🙏🏻

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s