Hello Ping,

Mengusung kata hemat, efisien atau apalah namanya, HP atau handphone dalam fungsinya sebagai sarana komunikasi  telah berubah.

cerdas menggunakannya
cerdas menggunakannya

Saya pribadi tidak membeci dan mengungkiri adanya Instant messaging (IM) – beberapa aplikasi sosial media pastilah ada di dalam handphone cerdas milik saya. Terlebih aplikasi seperti BBM (Blackberry Messenger), WA (WhatsApp), LINE, dan lainnya.

Beragam aplikasi dengan mudah bisa kita unduk dan gratis. Dengan beragam fungsi dan manfaat yang ditawarkan sehingga menarik anda untuk memilikinya dan berikut menyarankan  sohib, kerabat, atau keluarga terdekat agar mengunduknya juga.

Tak perlu jarak bahkan ruang sekalipun untuk saling terhubung saat ini, dalam bersiraturahmi saat ini hanya dibutuhkan kekuatan jari tangan, pulsa dan sinyal. Berbeda dengan zaman bersiraturahmi dahulu, yang butuh usahan untuk bertemu, saling berjabat tangan, serta membutuhkan biaya dan waktu khusus. Sebegitukah perubahan yang terjadi saat ini?

Namun, dengan berkomunikasi atau bersiraturahmi saat ini, membuat saya bingung – terkadang pesan atau kata singkat dari seseorang amatlah irit, seperti  ; “apa kabar?” – “Hai” – “Dimana” – “ Ngapain” –  atau bahkan sekedar “Ping” yaitu kode/ tanda yang entah perlu di jawab dengan apa.

Pesan singkat yang teramat irit tersebut pastilah buat saya kesal. Karena seperti kata saya tadi, harus dijawab apa? Saya pikir pesan itu hanya taktik seseorang mencari perhatian, di jawab syukur – tidak juga tak apa-apa. Toh selagi kuota cukup dan masih punya banyak waktu untuk menyapa yang lain. Sapa tersebut hanya membuang waktu kosong yang mereka miliki – tanpa ada tujuan jelas.

Saya sadar situasi menyapa dengan pesan tak jelas sangatlah tidak mengenakkan, maka saya berusaha selalu untuk menyampaikan maksud dan tujuan langsung pada topik yang ingin saya sampaikan saat mengirim pesan, tanpa berbasa-basi karena memang tak perlu.

Jadi sebanarnya apapun handphone anda, seberapa pun canggihnya – bukan benda tersebut yang cerdas atau pintar – andalah yang menentukan batasan fungsi dan manfaat dari pemakaian barang yang anda miliki.

Sekali lagi, hormati waktu orang lain dengan tidak menyapa mereka dengan hal-hal tidak perlu,  hindari pesan yang teramat singkat. Tanpa ada isi tujuan saat anda menyapa, dapat membuat orang tersebut berpikir keras untuk menjawab pesan omong kosong anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s